Jumat, 01 Juli 2011

Catatan Madolz (mahasiswa Dodolz)... Nostalgia

Bismillahirrahmanirrahim…
Ngemeng-ngemeng soal nostalgia nih, ada salah satu yang aku ingat sampai sekarang,, yaitu pacaran,, heitz…. Stup.. hee jangan piker macem-bacem yo… heheheh
Suatu ketika,, saat aku masih SD (zaman alm gusdur jadi presiden) ada sesuatu hal yang ku anggap lucu aja gitu (maklum anak polos) ada seorang temanku yang pacaran dengan s’orang dari sekolah tetangga (sekolah apa tetangganya ya?? Ckckck) nah.. pikir ku gini,, “hedeeh anak SD az udah pacaran,, pake sayang-sayang lagi,, gimana klo dewasanya”. Lalu ku utarakan pikiranku ini pada seorang temanku, “eh,, si dia pacaran tuh,,” kataku. “iya ya,, klo aku pasti dimarahi mama ku,, apa anak SD pacar-pacaran,, ckckck, kalo aku nanti az sih pacaran,, waktu SMA.. heheheh”. Kata temanku senyam-senyum.
Waktu SMP….
Pacaran masih menjadi hal yang tabu dalam hidupku (maklum sekolah di sekolah ISLAM). Tapi yang anehnya,, meski sekolah islam (yang kata orang disiplin dan full day di sekolah) tetap saja ada temanku yang pacaran, dan untungnya… saat SMP,, iman ku masih terjaga dan banyak baca buku keislaman (mumpung gratisan di perpus gitu heheheh). Waktu itu saat kaka ku masih SMA,, dia kepergok pacaran,, hmm… lalu ku beranikan diri tuk bertanya pada ayahku…
Aku: Ayah,, tuh kaka pacaran….
Ayah: hah,, pacaran… (dipanggilah kaka ku)… kalian g’ boleh pacar-pacaran.. masih sekolah,,  belajar yang bener,, jadi anak yang pinter,, ngerti… kalo ktahuan pacaran….. (aku lupa apa kata-kata ayahku selanjutnya)
Waktu SMA…
Kata-kata ayahku pun masih m’bekas di otakku,, “kamu g’ Boleh PACARAN”. Yah,, sebagai anak yang berbakti pada orang tua pastilah nurut gitu…tapi disaat ini,, dimana aku jauh dengan yang namanya dienul islam.. dimana masa pencarian jati diri meraja lela,, dimana keingin tahuan dan penasaran memenuhi rongga kepala,, ketika hormone-hormon tubuh mulai berfungsi, akupun mulai terperosok dalam lingkungan ikhtilat ikhwan-akhwat (maklum Sekolah di SMA umum (yg umumnya secular dan hedonis)). Akhirnya… terperangkaplah aku dalam jurang yang namanya pacar** (heheheh).
Tapi untungnya Allah tak membiarkan hamba-Nya terlalu lama terperosok dalam jurang kenistaan,, tak beberapa hari selang dari itu, jadilah aku putu* (heheheh).
Saat kuliah (sekarang)…..
Saat pacaran di zaman ini dianggap lumrah,, kalo zaman di zaman SD orang yang pacaran dianggap tabu,, eh sekarang orang yg g’ pacaran dianggap g’ normal,, ckckck memang sekularisme dan hedonisme telah merebak di penjuru negeri ini,, bukan hanya anak kuli-uyah yang pacaran,, anak TK pun sudah berpoli pacar (masih mending poli anak, poli gizi, poli gigi (hedeeh emang rumah sakit bu??). Alhamdulillah,, di saat ini (paling g’) udah menemukan yang namanya jati diri heheheh…
Aku: Ayah.. kaka tu pacaran..
Ayah: y’ udah biarin az,, kan kaka udah gede,,
Aku: loh kok gitu,, kan dilarang pacaran?? lagipula sekarang pacarannya lain lo dari yang dulu (sok pengalaman gitu)
Ayah: memangnya kamu sekarang g’ punya pacar de??
Aku: y’ g’ lah,, kan pacaran itu g’ ada dalam islam J (bukan sok alim lo)
Ayah: (hanya senyum lucu)
Entah kenapa,, saat aku m’lihat wajah ayahku seakan beliau berkata,, aah.. boo’ang,,nanti juga kamu akan pacaran. Entah kenapa seakan usia orang itu menentukan boleh tidaknya pacaran.. bukan dari boleh tidaknya syariat agama membenarkan dan melarangnya.. padahal kalo kita pikir,, lebih berbahaya mana sih pacaran anak SD sama anak SMA ato Anak kuliah?? Pasti resiko dosanya lebih besar yang lebih berumur lo?? Coba anak SD kan belum baligh list dosa belum dibuka,, jd klo ikhtilat dan khalwat kan g’ pp… paling juga acara pacarannya makan bekal bersama,, pulang bareng bersama,, main bareng bersama… (heheheh) nal klo anak SMA ato kuliah?? Mulai dari sms-an gombal sambal, sampai tiiiiiiit… (paham az kan??) nah yoo lebih banyak dosa mana pacaran anak SD sama SMA kuliah??
Entah apa,, terkadang orang tua mengizinkan anaknya untuk masuk dalam juarang maksiat yang namanya pacaran lantaran umur si anak sudah besar,, Ok mungkin pikiran orang tua anaknya sudah bisa bertanggung jawab atas perbuatannya sendiri,, dan mungkin juga ikut-ikutan tren sinetron kacang goreng yang g’ bermutu.. atau bahkan takut kalo anaknya g’ punya jodoh?? (hedeeh jodoh tu ditangan Tuhan bu, bukan ditangan pacar anak anda). Jadi,, (mikir) pacaran itu……. Y’ emang g’ boleh lah dalam islam.. biarpun udah gede, dewasa atau nenek-nenek sekalian,, hubungan antara lelaki dan wanita ada batasnya dan aturannya (aturan dan syarat yang berlaku dalam islam bisa dilihat di Al-Qur’an dan hadits,, bila g’ paham juga tanyakan kepada ustadz terdekat). Selain hubungan yang ada dalam syariat seperti pendidikan, agama, perdagangan, dakwah, hubungan antara lelaki dan wanita itu terbatas (g’ bercampur baur, g’ berdua-duaan baik di dunia nyata ato maya, dan lain-lainya yang diatur syariat islam) kecuali dalam bingkai yang dihalalkan syariat (menikah-red).
Nah,,, berarti anak SD (belum baligh) boleh pacaran dong?? Gubrraaaak.. bukan itu yang aku maksud disini… hedeh… yang jelas mau anak SD kek, TK kek, kuliah kek, nenek-kakek kek,, g’ boleh namanya pacaran sebelum akad nikah diucapkan.. (paham). Kok gitu,, kan katanya tadi anak SD g’ banyak dosanya disbanding anak SMA kalo pacaran… (hedeeh.. ni org g’ paham-paham y) yang jelas Pacaran g’ boleh.. titik.. kalo masalah anak SD pacaran mungkin belum berdosa tapi kan dia suatu saat nanti pasti jadi anak SMA (ato seusia SMA) nah kalo mulai kecil az udah terpapar virus pacaran apalagi nanti dewasanya?? Pasti lebih rentan terhadap virus pacaran kan… (paham kan??).

Banjarmasin, 1 Juli 2011…. 11:04 AM
“Jum’at Mubarak bagi kita semua…”


NB: Hak cipta dan Hak milik hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala,, namun... ada baiknya jika di copas menyertakan link blog ini... sangpendambasurga@blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar